JAKARTA, ITN- HARI Raya Imlek menjadi salah satu hari yang paling dinantikan masyarakat etnis Tionghoa untuk merayakan tahun baru kalender China.

Untuk menyambut Imlek 2570 dan dalam rangka mendukung pariwisata kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan digelar Festival Harmoni Imlek 2570 Klenteng Amal Bakti di Jalan Laut Sungailiat, Bangka pada Senin malam (4/2/19).

Festival Harmoni Imlek merupakan festival perayaan tahun baru Lunar yang diperingati setiap tanggal 1 bulan pertama Kalender Lunar. Seiring perjalanan waktu tradisi menyambut hari raya Imlek berkembang dalam satu perpaduan arus peradaban kebudayaan yang membaur antara Suku Tionghoa dan Melayu sehingga menghasilkan asimilasi yang begitu indah di Pulau Bangka.

Dengan adanya percampuran kebudayaan ini lahirlah suatu kebudayaan baru yang disebut kebudayaan peranakan yang membuat harmonisasi yang begitu kental di dalam kehidupan social masyarakat.

Festival ini diharapkan menjadi satu festival yang terus menumbuhkan rasa kebersamaan antara masyarakat sekitar dan terus menjaga harmoni yang begitu indah yang ada di Pulau Bangka.

Festival Harmoni Imlek 2570 yang akan dimeriahkan dengan sejumlah acara, antara lain tarian, festival payung, food bazaar ini juga bertujuan untuk memperkenalkan aneka kuliner Bangka sebagai produk yang bisa menjadi daya Tarik untuk tujuan wisata kuliner. Selain itu sebagai acara silaturahmi antar masyarakat yang mungkin hanya pulang setahun sekali, melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap tradisi, serta untuk membangun kebersamaan dan kreativitas masyarakat. (*/evi)