- iklan -

JAKARTA, ITN-  PARIWISATA Indonesia terus menggema, kali ini melalui  Belitong Geopark Internasional Kayak Marathon 2018.

Dalam rangka mendukung Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisata Indonesia mendukung Pulau Belitung guna mendapatkan pengakuan status Unesco Global Geopark di tahun 2019 melalui komunitas Kayak Indonesia yang bekerjasama dengan Badan Pengelola Geopark Belitong berencana mengadakan kegiatan Belitong Geopark
International Kayak Marathon 2018 (BGIKM2018), yaitu pertandingan Kayak marathon di lokasi Tanjung Kelayang, Belitung pada 27-29 Juli 2018.

Kegiatan dayung di laut menggunakan Kayak dipilih karena ini merupakan salah satu cara yang paling efektif menikmati pemandangan permukaan laut serta garis pantai, dimana Indonesia memiliki keunggulan dengan panjang garis pantainya yang nomor dua terpanjang di dunia setelah Kanada.

Belitong sendiri memiliki keindahan permukaan laut yang unik dengan bebatuan granitnya, memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajah  permukaan laut dan garis pantai di Indonesia, khususnya di Kepulauan Belitong.

Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 Gemakan Pariwisata IndonesiaSea-Kayak atau Kayak adalah olahraga dayung laut yang relatif mudah dipelajari dan tak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup dengan kemampuan berenang dan menguasai sedikit cara mempertahankan keseimbangan dalam perahu.

Pada kegiatan BGIKM2018 nanti, selain olahraga Sea-Kayak, juga akan diperkenalkan olahraga StandUp Paddleboard (SUP), yaitu mendayung dengan posisi berdiri diatas semacam papan surfing yang ukurannya besar.

Olahraga SUP ini mulai popular di dunia serta di Indonesia, karena kepraktisannya. Tak pelak, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti adalah salah satu pegiat olahraga ini yang fotonya saat berkegiatan SUP sudah viral dimana-mana.

Event yang bertajuk Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 atau BGIKM2018 ini seyogyanya merupakan event pariwisata yang dikemas dalam bentuk olahraga. Fokus dari kegiatan ini bukan hanya aktivitas olahraganya, namun juga dikombinasikan dengan pengenalan objek-objek wisata laut yang menarik dan bisa dilakukan bersamaan dengan
kegiatan olahraga Kayak.

Event ini akan mengundang sekitar 120 orang pegiat Kayak dan SUP dari seluruh pelosok
nusantara hingga manca negara.

Beberapa peserta dari negara-negara Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam, Cekoslovakia telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan daerah yang banyak menciptakan event-event terutama yang memiliki commercial values – bukan hanya cultural values, biasanya memiliki pendapatan per kapita lebih tinggi.

Menurut Menpar Arief Yahya, event seperti Belitong Kayak Marathon yang bisa mendatangkan wisatawan manca negara diharapkan lebih banyak menciptakan commercial tourism yang nantinya diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Belitong.

Event Kayak Marathon ini diharpkan dapat memancing minat para wisatawan maupun pegiat olahraga Kayak Nusantara dan manca negara untuk ikut mempromosikan keindahan alam dan kecantikan laut Belitong kepada rekan-rekan wisatawan maupun pegiat olahraga Kayak lainnya.

Di sisi lain, Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Roslan menyampaikan melalui event Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 ini diharapkan kegiatan pariwisata yang mendatangkan wisatawan nusantara dan manca negara untuk menikmati keindahan alam dan kecantikan laut Belitong akan meningkatkan pesat.

“Saat bersamaan juga akan meningkatkan kecintaan warga Belitong terhadap kecantikan pulaunya dan menarik investor untuk telibat dalam menggali potensi pariwisatanya,” ujarnya. (evi)

- iklan -