CIREBON, ITN- Kamis pukul 03.00 WIB dini hari, indonesiatripnews.com berangkat ke Cirebon dari Jakarta menuju Markas Besar Laskar Agung Macan Ali yang terletak di sekitar Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon untuk mengikuti prosesi penyambutan kedatangan rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Alhamdulillah diberikan cuaca cerah tanpa ada terkendala sesuatu pun diperjalanan. Tiba di Cirebon kurang lebih pukul 06.30 WIB. Nasi Lengko khas Cirebon di sekitar alun-alun Keraton Kasepuhan menjadi santapan sarapan pagi yang mengenyangkan.

Kedatangan indonesiatripnews.com bersama rombongan KH Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang terkenal dengan sapaan Opik Tombo Ati pelantun lagu religi Indonesia  ke Markas Besar Laskar Agung Macan Ali Nuswantara disambut Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali, Prabu Diaz dan beberapa Laskar.

Dari pantauan yang terlihat, acara prosesi penyambutan sehelai rambut Rasulullah SAW dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri para petinggi kota Cirebon seperti Mayjen TNI (Purn.) Dr Syamsu Djalal, SH, MH, Danyon C Sat Brimobda AKBP M Andri, SSi, Kapolres Cirebon Kota AKBP M ,Fahri Siregar, SH, SIK, MH, Kabagren Polresta Cirebon Kompol Didin Jarudin SSos, MM, Kabag Ops Polres Cirebon Kota AKP Sudarman SSos, Kasat Intelkam Polres Cirebon Kota AKP Sugiono, SH, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja, SIK, Kasat Samapta AKP Bekti Setiawan, SIP, Kapolsek Lemahwungkuk IPTU Wawan Hermawan, SH, Kasi Humas Polres Cirebon Kota IPTU Ngatidja, SH, MH, Kasubag Kerma Bagops Polres Cirebon Kota AKP Edi Supeno, SH.

Hadir pula perwakilan Keraton Kasepuhan Cirebon Doni, dan para perwakilan perwira dari Korem 063/Sunan Gunung Jati, Denpom III/SLW, Kodim 0614/Kota Cirebon, Kodim 0620/Kab. Cirebon, serta para tamu undangan lainnya termasuk para Laskar Agung Macan Ali dan Masyarakat Cirebon.

Baca juga: https://indonesiatripnews.com/perjalanan-wisata/mengenal-laskar-macan-ali-di-acara-festival-keraton-nusantara-xi/

Sehelai rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang diamanatkan kepada KH Aunur Rofiq Lil Firdaus adalah titipan dari Dewan Dakwah Pemerintah Turki datang bersama Syekh Ali Hanafiah Rais Mustasyar DUTI (Dewan Ulama Thariqah Internasional) dari Turki beserta rombongan yang disambut langsung Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, para tamu undangan dan para Laskar di markas besar (mabes) Laskar Agung Macan Ali Nuswantara di Jl Alun-alun Selatan No.37, Kota Cirebon, Kamis (4/11).

Bersama Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali, Prabu Diaz

Rambut Rasulullah SAW tersebut hanya dibungkus kain berwarna hijau berlafazkan kalimat tauhid. Selanjutnya, di ruang khusus dilakukan proses pembukaan kain pembungkus sehelai rambut Nabi Muhammad SAW dilanjutkan proses pencucian dengan air zam-zam.

Setelah dilakukan proses pencucian rambut baginda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, selanjutnya Forkopimda Kota Cirebon dan tamu undangan satu persatu di persilahkan untuk menyaksikan dan mencium sehelai rambut Nabi Muhammad SAW yang dimasukan dalam sebuah tabung kaca dan juga etalase kaca kotak.

Prosesesi ini dipimpin langsung oleh Opik Tombo Ati dan Syech Ali Hanafiah Rais Mustasyar DUTI.

Bukan hanya tamu undangan saja masyarakat umum Kota Cirebon yang hadir juga diberikan kesempatan dapat melihat secara langsung rambut Rasulullah tersebut.
Terlihat nampak raut wajah masyarakat Cirebon dan para tamu undangan yang antusias dan penuh kerinduan kepada Kanjeng Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam walau acara prosesi hanya digelar dalam waktu singkat sekitar dua jam.

Rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam di balut kembali dengan balutan kain hijau berlafaz kalimat Tauhid kemudian KH Aunur Rofiq Lil atau Opik Tombo Ati dan Syech Ali Hanafiah Rais Mustasyar DUTI beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Jakarta.

Kami bersyukur dapat menyaksikan dan melihat langsung juga memberikan penghormatan kepada Baginda Besar Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam semoga sholawat serta salam tercurahkan kepada Baginda Besar Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam beserta keluarganya hingga Yaumil Akhir.

Kami juga kemudian beranjak pamit dari Markas Besar Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon sekitar pukul 14.00 WIB setelah sholat Dhuhur di Masjid Sang Cipta Rasa dan menyempatkan makan siang nasi Jamblang Ibu Nur di Jalan Cangkring 2 No 34 Kejaksan yang tidak pernah sepi dari pengunjung. (aldi)