JAKARTA, ITN- HARI Belanja Online Nasional (Harbolnas) siap digelar pada 11 dan 12 Desember 2018 mendatang. Harbolnas merupakan puncak dari berbagai pesta belanja online yang sudah digelar dari September lalu.

Gelaran kegiatan belanja online terbesar ini akan memasarkan ribuan produk lokal selama Harbolnas 2018 edisi khusus produk lokal berlangsung pada 11 Desember 2018.

“Seluruh kategori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-commerce peserta Harbolnas 2018, yang pada tahun ini mengangkat semangat gotong royong dengan tema Belanja untuk Bangsa,” ujar Ketua Panitia Harbolnas 2018,  Indra Yonathan pada jumpa pers Harbolnas 2018 di Jakarta, Rabu (5/12/18).

Harbolnas sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia menurutnya berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal dan mendorong lebih banyak UMKM agar dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital.

“Kami mengharapkan dari nilai transaksi yang ditargetkan sebesar Rp7 triliun pada Harbolnas tahun ini, sekitar Rp1 triliun dapat dikontribusikan dari produk lokal,” ungkapnya lebih lanjut.

Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan pada jumpa pers Harbolnas 2018 di Jakarta, Rabu (5/12/18).

Yonathan yang juga selaku Country Head of Shopback Indonesia, mengatakan, “Melalui Harbolnas 2018 ini para produsen produk lokal dapat merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-commerce besar, sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online”.

Selain membantu mendorong peningkatan penjualan produk lokal, Harbolnas 2018 juga didukung oleh tiga kementerian sekaligus, yakni: Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Bahkan untuk pertama kalinya Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) juga memberikan dukungan penuh atas keberlangsungan Harbolnas 2018.

“Pemberdayaan UKM secara digital merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam rencana roadmap Industry 4.0 . Melalui Kantor Kementerian Perindustrian sudah ada sekitar 3.000 lebih pelaku UKM yang tercakup dalam sub program e-Smart UKM ini dan jumlah ini akan kami terus tambah,” ujar Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto.

Menurutnya Indonesia mempunyai potensi besar dalam industri digital mengingat besarnya jumlah pengguna internet dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Adapun promo yang diberikan pada Harbolnas tahun ini, adalah potongan harga hingga 95%serta cashback hingga 120% dari ShopBack. Sementara itu, Bank Mandiri sebagai penyedia utama channel pembayaran non tunai untuk transaksi di Harbolnas 2018 menawarkan serangkaian program promo menarik untuk kenyamanan masyarakat saat berbelanja, terutama pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit.

Program promo tersebut antara lain diskon hingga 93% di e-commerce peserta Harbolnas, kesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1.212.000 (1,212 juta rupiah) dan Cicilan 0% hingga 12 bulan untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit.

Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri M Haris Budiman menyebutkan program promo ini merupakan apresiasi kepada 19 juta nasabah yang telah bertransaksi di Bank Mandiri. “Saat ini berbelanja di platform e-commerce telah menjadi tren di nasabah Bank Mandiri dan cenderung meningkat. Ini terlihat pada data frekuensi transaksi kartu mandiri, baik debit maupun kartu kredit, yang mengalami peningkatan hingga 60% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu,” kata Haris.

Sementara itu, salah satu produk lokal yang ikut serta dalam Harbolnas 2018 ini yaitu CEO Crispy Ikan Si Petek Aang Permana mengatakan bahwa produknya dibuat dengan menggunakan Ikan Petek yang ada di Cianjur. Di mana, ikan ini berada di aliran Sungai Citarum, dulu sebatas dibuang karena banyak durinya.

“Dulu saya melihat di beberapa wilayah banyak ikan kecil kemudian saya lakukan pengecekan ke laboratorium ternyata ikan ini memiliki kalsium yang tinggi yakni setara dengan 16 gelas susu,” ungkapnya.

Kalau tidak ada masyarakat yang balik ke desa maka tidak akan ada perubahan, berbeda bila manusia itu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang banyak, dan ini bisa menjadi manfaat yang baik apalagi dalam satu hari menghasilkan puluhan ton ikan yang siap dikonsumsi. Kehadiran Harbolnas menurutnya sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan kreativitasnya. Otomatis, pergerakan pertumbuhan perekonomian kian meningkat.

Begitu juga dengan GM Luna Habit, Liana. Ia mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias menyambut Harbolnas tahun ini. “Kami sudah menyiapkan berbagai hal mulai dari produk, platform, marketing sales, hingga logistik. Selain itu yang juga tidak kalah penting adalah diskon dan promo spesial sehingga mampu menarik lebih banyak pembeli,” ungkapnya.

Tak hanya itu Liana juga akan membuat gebrakan besar di 11 dan 12 Desember nanti, dan akan memberikan promo ongkir serta potongan harga. “Target penjualan kami bisa meningkat sekitar 2-3 kali lipat dari penjualan di hari biasa,” tuturnya.

Managing Director Rollover Reaction, Naya Tinanda Nabila menambahkan, “Untuk Harbolnas kami telah menyiapkan sejumlah promo spesial, seperti potongan harga mulai dari Rp29.000 dan free ongkir di seluruh Indonesia”.

“Kami juga mempersiapkan jumlah stock karena untuk per hari pada saat Harbolnas ini kemungkinan bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 orfer yang ditangani per  hari, untuk itulah kami bekerjasama dengan berbagai pihak terkait,” tutup Naya. (adit/evi/aldi).