JAKARTA, ITN– Observatorium Bosscha resmi ditutup dari kunjungan publik untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona. Penutupan ini diberlakukan mulai tanggal 15 Maret hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan Bosscha ini dilakukan dengan mempertimbangkan status pandemi Covid-19 yang semakin meluas. Selain itu ada juga surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 3 Tahun 2020 tentang pencegahan virus corona di satuan pendidikan.

“Observatorium Bosscha sebagai unit kerja dalam lingkup Institut Teknologi Bandung (ITB) yang melayani pendidikan astronomi untuk publik dalam bentuk kunjungan siswa sekolah dan masyarakat umum, senantiasa mementingkan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha,” isi pernyataan resmi Observatorium Bosscha yang diterima Indonesiatripnews.com pada hari Jumat (13/3).

Berdasarkan catatan, dalam sebulan Observatorium Bosscha menerima rata-rata 6.000 pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia. Namun untuk sementara terpaksa tidak dapat lagi menerima kunjungan akibat mewabahnya virus corona.

“Untuk menjaga keamanan bersama, Observatorium Bosscha dengan berat hati untuk sementara berhenti menerima kunjungan publik hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan,” lanjut isi pernyataan tersebut.