JAKARTA, ITN– PT Sompo Insurance Indonesia merayakan kelulusan 20 mahasiswa yang telah menyelesaikan Program Magang Pembelajaran LSM Sompo di tahun ke-empatnya. Acara berisi sorotan pencapaian para mahasiswa magang, beragam upaya, dan kontribusi yang mereka lakukan terhadap isu-isu terkait lingkungan di Indonesia. Perusahaan pada acara tersebut juga mengumumkan peluncuran Sompo Alumni Idea Fund yang bertujuan untuk mendukung ide dan kegiatan di luar program magang saat ini.

Diluncurkan pada tahun 2019, bekerja sama dengan Sompo Environment Foundation, program pendampingan pemuda ini merupakan kolaborasi lintas pertama antara akademisi, bisnis, dan sektor LSM di Indonesia, menawarkan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka terkait isu lingkungan.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dalam keberlanjutan dan berperan sebagai ajang bertukar pemikiran dan kepemimpinan bagi para pemuda dan mentornya dalam mempercepat inovasi keberlanjutan di Indonesia.

Hadir pada acara upacara kelulusan tersebut, yakni perwakilan dari Sompo Insurance Indonesia, Yoshikazu Nishiwaki, Direktur Eksekutif Sompo Environment Foundation, Jo Kumala Dewi, Direktur Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Latipah Hendarti, Direktur Yayasan DeTara, Makoto Yata, Direktur Jenderal JEEF Indonesia, dan perwakilan dari masing-masing organisasi-organisasi tersebut di atas.

“Sejak awal, program ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para mahasiswa di Indonesia dan kami terus meningkatkan program untuk memastikan mahasiswa mendapatkan pembelajaran terbaik dari program ini,” ujar Presiden Direktur PT Sompo Insurance Indonesia, Eric Nemitz dalam keterangan tertulisnya.

Eric mengatakan, “Tidak ada usaha yang terlalu kecil, dan tidak ada yang terlalu muda dalam mengambil aksi untuk lingkungan. Semuanya ada di tangan kita untuk beraksi sekarang dan bersama-sama untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, sangat wajar jika kami meluncurkan Sompo Alumni Idea Fund, untuk membantu para mahasiswa mewujudkan ide mereka menjadi kenyataan”.

Sompo Alumni Idea Fund dibentuk untuk para alumni Program Magang Pembelajaran LSM Sompo untuk lebih mengembangkan ide-ide mereka dan menerapkan solusi yang akan bermanfaat dan membantu memecahkan setiap tantangan terkait lingkungan di Indonesia.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua mitra yang mendukung program ini. Kami bangga melanjutkan komitmen kami untuk membantu kaum muda Indonesia mempercepat pemahaman mereka dan mengambil tindakan yang diperlukan hari ini terhadap isu-isu keberlanjutan,” tambah Eric Nemitz.

Direktur Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jo Kumala Dewi menyampaikan, “Program Magang Pembelajaran LSM Sompo adalah program yang bermakna untuk menyatukan berbagai mitra, termasuk pemuda kita, yang secara alami sangat bersemangat memerangi perubahan iklim”.

“Saya ingin mendorong semua peserta program saat ini dan yang akan datang untuk memanfaatkan kesempatan ini karena saya sangat yakin bahwa setidaknya seseorang akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu terkait lingkungan yang mendasari dorongan untuk menjadi solusi keberlanjutan melalui program ini”, ungkap Dewi.

Program Magang Pembelajaran LSM Sompo menerima aplikasi pada 1 November hingga 30 November 2021. Program ini terbuka untuk mahasiswa pascasarjana dan sarjana dari semua fakultas dan mata pelajaran. Karena kantor LSM yang berpartisipasi berlokasi di Jabodetabek, pelamar harus tinggal di daerah ini atau dapat pindah selama program berlangsung.

Mahasiswa yang tertarik dapat mendaftar program ini mulai sekarang hingga aplikasi ditutup di tahun 2021 di https://sompo-ef-internship.or.id/.

Sangat disarankan agar mahasiswa yang tertarik dapat mengirimkan aplikasi sesegera mungkin karena jumlah dan tempat terbatas. Mahasiswa yang berhasil masuk akan diinformasikan langkah-langkah selanjutnya melalui email yang terdaftar. (evi)