JAKARTA, ITN- THE Management Development Institute of Singapore (MDIS), yang berdiri sejak tahun 1956, melakukan sesi interview bagi para calon penerima beasiswa calon mahasiswa teknik MDIS School of Engineering khusus untuk pendaftar asal Indonesia. Sesi wawancara dilakukan langsung oleh Ketua MDIS School of Engineering Dr Tham Yieng Wei di  Pullman Hotel Central Park, Jakarta, Minggu (1/7/18).

Dr Tham, yang hadir bersama Director of International Business MDIS Chua Shen Wei, Director International Business Gavin Chua dan  Country Manager Fitrianti Iskandar,  juga memberikan presentasi mengenai peluang karir lulusan teknik di Singapura dan Indonesia, sekaligus menandai penerimaan pertama mahasiswa teknik hasil kerja sama antara MDIS dengan Teesside University, Inggris yang selama ini ditunggu-tunggu.

Suasana saat jumpa pers disela-sela kegiatan interview calon penerima beasiswa MDIS School of Engineering. di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Minggu (1/7/18).

Menurut Dr Tham, pelamar beasiswa sebelumnya telah diminta untuk menyertakan hasil akademis SMA, fotokopi passport, surat motivasi yang menyatakan mengapa pelamar pantas mendpatkan beasiswa ini, CV, dan surat referensi, serta sertifikat yang menunjukan pengalaman organisasi selama masa sekolah.

Dikatakan, karir di bidang teknik secara konstan terus berkembang seiring dengan proses kemajuan teknologi yang semakin pesat dan ini menantang keinginan dari para insinyur untuk mengadopsi dan mengembangkan solusi kreatif untuk isu yang kompleks.

Di MDIS sendiri, menurut Dr Tham Yieng Wei, program teknik bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan dalam karir dengan mahir di semua aspek teknik, mulai dari litbang, desain produk, sampai pengembangan dan produksi.

Terdapat banyak spesialisasi di bidang Teknik, seperti contoh, teknik mesin, listrik, sipil, kimia, otomotif, dan robot. Setiap cabang tersebut memerlukan seperangkat keterampilan karena masing-masing cabang sangat kompleks, dimana keterampilan matematika, logika, dan intelektual yang kuat, adalah sesuatu yang harus dimiliki.

Singapura adalah tujuan yang yang menjadi pilihan untuk pendidikan teknik. Untuk memenuhi kebutuhan industri dan tantangan global, MDIS School of Engineering menawarkan program teknik di berbagai area yaitu, electrical and electronic engineering, mechanical design engineering, electronic design engineering, engineering management, dan project management.

“Untuk memenuhi tantangan global, sekolah ini menawarkan program teknik MDIS bekerja sama dengan sejumlah universitas ternama di Inggris, dalam pengembangan pendidikan mulai dari  diploma, yang bisa dilanjutkan ke program sarjana dan kemudian, program gelar pascasarjana,” ujar Dr Tham.

Upaya ini dilakukan dengan sangat serius karena MDIS melihat prospek bidang teknik yang sangat cerah di depan.  Sebab di balik semua perkembangan teknologi yang terjadi saat ini dan masa mendatang, ada para insinyur yang merancang, mengintegrasikan dan membangun semua sistem. “Jadi tidak diragukan teknik adalah solusi pekerjaan di masa depan,” katanya.

Dari kiri ke kanan, Fitrianti Iskandar (Country Manager), Jesline Wong (Senior Director), Dr Tham Yieng Wei (Head of School, MDIS School of Engineering), dan Gavin Chua (Director, International Business) di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Minggu (1/7/18).

Lebih lanjut Dr Tham, mengatakan, “Untuk karir bidang teknik secara konstan terus berkembang seiring dengan proses kemajuan teknologi yang semakin pesat dan ini menantang keinginan dari para insinyur untuk mengadopsi dan megembangkan solusi kreatif untuk isu yang kompleks”.

Menurutnya, bidang teknik sangat besar memberikan kontribusi terhadap berbagai aspek sosial. Para insinyur menggunakan inovasi, kreatifitas, dan rancangan yang menyedikan solusi untuk pertubuhan yang berkelanjutan. Mereka ini memiliki berbagai keterampilan, yang terdiri dari keterampilan analitis, kreatifitas, komunikasi, kepemimpinan, kewirausahaan, standar etika, profesionalisme, dan fleksibilitas.

Para siswa dibimbing dan diajarkan oleh pengajar akademik yang profesional, berpengalaman, dan memiliki kualifikasi yang tinggi dari industri terkait. Workshop dan lab yang dimiliki  MDIS School of Engineering dilengkapi dengan beragam mesin, alat, dan material untuk mendukung kegiatan pengalaman belajar mahasiswa.

Beberapa kunjungan terhadap industri yang relevan, seminar, dan workshop juga dilakukan agar mahasiswa terus dapat mengikuti perkembangan trend kebutuhan industri yang terkini.

Mengenai MDIS

Didirikan pada tahun 1956, Management Development Institute of Singapore (MDIS) merupakan institusi pendidikan nirlaba tertua di Singapura yang berorientasi pada pembelajaran berkelanjutan.MDIS telah tersertifikasi oleh EduTrust sejak 2010. Pada 2017, MDIS berada diperingkat ke-4 diantara 50 perusahaan top lainnya dalam penghargaan Enterprise 50.

MDIS menawarkan jurusan internasional yang terakreditasi dari universitas ternama di Inggris dan Amerika Serikat. Sebagai tambahan, lembaga pelatihan kami, Management Development and Consultancy dan juga Service Quality Centre, untuk memenuhi kebutuhan pelatihan tenaga kerja

Kampus MDIS terdiri dari 70 ruang kelas yang dilengkapi dengan baik, 5 lab komputer, 4 lab life sciences, 4 lab dan workshop teknik, 3 lab fashion, satu lab psikologi, pusat pelatihan perhotelan, 1 hub media (studio TV dan radio), lab praktikum keperawatan dan juga studio Bakery dan kuliner MDIS. Kampus ini juga memiliki sebuah ampiteater serta fasilitas olahraga yang lengkap.

MDIS Residences@Stirling adalah asrama 15 tingkat yang ramah lingkukan dan memiliki 782 kamar dilengkapi dengan AC, 14 suites, dan sebuah taeater perkuliahan dan kafetaria.

MDIS memiliki tiga kampus internasional yangberada di Tashkent (Uzbekistan-2008) Johor (Malaysia-2013) dan Chennai (India-2015). MDIS memiliki kantorperwakilan di China, India, Indonesia, Sri Lanka, dan Thailand, serta memiliki agen di seluruh kawasan Asia Tenggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai MDIS, silahkan kunjungi:www.mdis.edu.sg.