JAKARTA, ITN– Pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis kesehatan global dan dunia menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang juga berdampak besar pada hotel. Menanggapi hal ini, Accor di Indonesia telah mendengarkan dan mengambil tindakan nyata seperti bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung pemulihan sektor ekonomi vital ini dan pemerintah setempat.

Hotel-hotel Accor telah membuka pintu bagi tim medis, mendukung karyawan dan mitra bisnis yang membutuhkan, serta membantu masyarakat sekitar.

“Karena orang-orang adalah inti dari bisnis kami dan karena memedulikan orang lain adalah apa yang dilakukan Accor, kami menjadikannya prioritas untuk memberikan kembali kepada komunitas tempat kami beroperasi, dan ini tetap berlaku hingga saat ini. Kami mendukung karyawan kami dan kami tahu bahwa beberapa mitra bisnis kami dalam kesulitan karena pandemi ini, jadi kami juga telah membantu mereka,” ujar Chief Operating Officer, Accor Malaysia, Indonesia, Singapore and South Asia, Garth Simmons dalam keterangan tertulisnya yang diterima Indonesiatripnews.com di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Lebih lanjut Garth mengtakan, “Akhirnya, kami membuka pintu bagi tim medis yang berani di garis depan pertempuran ini, untuk berterima kasih atas tindakan mereka dalam merawat orang sakit dan melindungi komunitas yang lebih luas”.

Dalam upaya bersama ini, ada empat hotel Accor Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu Novotel Jakarta Cikini, Mercure Jakarta Cikini, ibis Styles Jakarta Sunter, dan ibis Jakarta Senen. Tiga hotel, yakni Ibis Styles Bali Denpasar, Mercure Resort Sanur, dan Novotel Karawang bekerja sama dengan pemerintah setempat.

ALL Heartist Fund, sebuah inisiatif global senilai €70 juta telah diciptakan untuk memberikan bantuan kepada yang paling rentan di antara tim, mitra, dan komunitas kelompok termasuk Accor Indonesia. Pemberian dapat berupa finansial atau non-finansial dalam bentuk akomodasi atau permintaan makanan untuk membantu mereka yang membutuhkan, yang perlu pulih dari penyakit terkait Covid-19 atau yang berperan dalam melindungi masyarakat dalam melawan pandemi.

Di Indonesia, ALL Heartist Fund dirancang untuk mendukung karyawan Accor yang menghadapi kesulitan finansial. Misalnya, untuk membantu seorang karyawan dari departemen housekeeping yang perlu memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, untuk mendukung seorang karyawan hotel dari departemen penjualan karena ia tidak mampu membayar perawatan obat rutin untuk penyakit auto-imunnya selama krisis ini, dan banyak lagi.

Selain itu, hotel-hotel Accor telah berinisiatif bertindak untuk tujuan yang baik melalui penggalangan donasi bagi tim medis Covid-19 Indonesia untuk penyediaan APD (Alat Pelindung Diri), mendistribusikan masker kain, pemberian bahan makanan pokok, pemberian makan siang untuk pengendara ojek online dan mereka yang kurang beruntung yang berada di sekitar hotel yang masih harus bekerja di jalan. Beberapa hotel membuka kesempatan kepada Usaha Kecil Mikro (UMK) yang juga terkena dampak krisis ini untuk menjual dan mempromosikan produk mereka di program ‘Festival Ramadhan Di Rumah’ bersama ALL.